Senin, 04 Maret 2013

Maria Bunda Yesus


Apa arti ungkapan dikandung dengan kuasa Roh Kudus?
Ungkapan ini berarti bahwa perawan Maria mengandung Putra abdi di dalam rahimnya melalui kuasa Roh Kudus tanpa campur tangan seorang lelaki. Malaikat mengatakan hal ini kepadanya pada peristiwa Pewartaan kabar sukacita bahwa Roh Kudus akan turun atasmu.
Dilahirkan oleh Perawan Maria : Mengapa Maria sungguh-sungguh Bunda Allah?
Maria sungguh-sungguh Bundah Allah karena dia adalah Bunda Yesus (Yoh 2:1;19:25). Dia yang dikandung oleh kuasa Roh Kudus dan menjadi sungguh-sungguh putranya itu adalah Putra Abadi dari Allah Bapa. Dia adalah Allah sendiri.
Apa arti dikandung tanpa dosa?
Secara bebas, Allah sudah memilih Maria sejak kekal untuk menjadi Bunda Putra-Nya. Untuk melaksanakan misinya, dia sendiri dikandung tanpa dosa. Berarti, karena rahmat Allah dan karena jasa-jasa Yesus Kristus, Maria dikecualikan dari dosa asal sejak dalam kandungan.
Bagaimana Maria turut berperan dalam rencana penyelamatan?
Dengan rahmat Allah, Maria dibebaskan dari setiap dosa pribadi selama hidupnya. Dia adalah orang yang penuh rahmat (luk 1:28), yang Kudus seluruhnya. Ketika malaikat mewartakan kepadanya bahwa dia akan melahirkan anak Allah Yang Mahatinggi (Luk 1:32), dia dengan bebas memberikan jawaban dengan ketaan iman (Rom 1:5). Jadi, Maria memberikan dirinya seutuhnya kepada pribadi dan karya Putranya Yesus, dengan merangkul sepenuhnya kehendak ilahi menyangkut keselamatan umat manusia.
Apa arti Yesus dikandung oleh seorang perawan?
Yesus dikandung oleh seorang perawan berati bahwa Yesus dikandung dalam rahim Perawan melulu karena kuasa Roh Kudus tanpa campur tangan seorang lelaki. Dia adalah Putra Bapa surgawi menurut kodrat ilahi-Nya dan Putra Maria menurut kodrat manusiawi-Nya. Tetapi, Dia adalah Putra Allah dalam kedua kodrat itu karena dalam Dia hanya terdapat satu Pribadi, yaitu Pribadi yang Ilahi.
Dalam arti apa Maria selalu Perawan?
Maria selalu perawan dalam arti tetap seorang perawan dalam mengandung Putranya, tetapi seorang perawan ketika melakirkan Yesus, tetapi seorang perawan ketika merawat-Nya, tetap seorang perawan selama menyusui-Nya, selalu tetap seoarng perawan ( Santo Agustinus). Karena itu, waktu injil mengatakan Saudara-saudari Yesus, itu dimaksudkan sebagai keluarga-keluarga dekat Yesus, sesuai dengan cara bicara Kitab Suci.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar